Apa Cita-citamu Di Masa Depan??

Apa Cita-citamu Di Masa Depan??

Oleh Evi Yulia Setyaningrum, S. Pd

Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Kalimat tersebut mungkin sering terdengar ditelinga kita sebagai motivasi dalam meraih cita-cita yang diinginkan. Salah satu kalimat bijak yang diucapkan oleh Presiden pertama kita, Ir. Soekarno ini memiliki makna bahwa kita harus memiliki cita-cita yang besar, bukan hanya sekedar sesuatu yang mudah dicapai. Usahakan cita-cita tersebut merupakan sesuatu yang luar biasa, yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain. Mungkin akan terlihat sulit untuk diraih tetapi kita harus tetap mencoba dan berusaha karena semua impian dan cita-cita bisa diwujudkan. Sesulit apapun cita-cita tersebut untuk diraih, jika Allah SWT sudah berkehendak maka hanya mengucapkan kun fayakun maka jadilah. Sekalipun mengalami kegagalan, kita tidak akan gagal pada sesuatu yang biasa-biasa saja. Kegagalan tersebut pasti telah memberikan banyak pelajaran baru yang bisa digunakan untuk bangkit kembali mewujudkan cita-cita kita yang tertunda. Karena pada dasarnya orang yang sukses ialah orang yang bermimpi besar dan berani untuk mewujudkannya.

Kenapa harus memiliki cita-cita?

Steven R. Covey dalam bukunya “7 Habbits of Highly Effective people” mengungkapkan salah satu cara untuk meraih kesuksesan dimasa depan adalah dengan menentukan tujuan atau cita-cita. Ketika kita memiliki cita-cita, kita akan menjalankan hidup dengan sebuah tujuan. Dengan cita-cita, kita akan tahu arah mana yang harus dituju. Karena cita-cita merupakan pedoman atau petunjuk jalan dalam kehidupan yang harus dicapai. Tanpa cita-cita, kita akan kehilangan arah, berputar-putar di tempat yang sama, dan tentunya hanya akan menghabiskan energi dan waktu saja.

Semakin tinggi cita-cita seseorang, maka akan semakin luas wawasannya, semakin besar dan dalam pola pikirnya, serta semakin fokus dan terarah pola hidupnya. Dengan kata lain, orang yang bercitacita tinggi cenderung akan berpikiran besar. Mereka tidak akan terjebak dalam pola pikir yang sempit, tidak akan terlalu peduli dengan hal-hal yang tidak penting dan tidak bermanfaat. Dengan pola pikir dan pola hidup seperti itu, maka seandainya cita-citanya tidak tercapai, maka orang tersebut tetap akan menjalani hidupnya dengan baik, minimal bisa bermanfaat bagi lingkungannya. Maka tidak ada salahnya mempunyai cita-cita setinggi langit, karena hanya akan ada kebaikan di dalamnya.

Tips Menentukan Cita-cita

Menentukan cita-cita yang sesuai dan baik untuk masa depan kita memang gampang-gampang sulit. Menjadi gampang karena apa yang menjadi cita-cita kita bisa jadi merupakan hal-hal yang tidak jauh dari aktivitas kita sehari-hari. Namun menjadi sulit ketika kita tidak menyadari bahwa cita-cita tersebut berada disekitar kehidupan kita.

Cita-cita adalah sesuatu yang ada di masa depan. Akan kita raih suatu hari nanti. Bisa terwujud dalam kurun waktu sepuluh tahun, dua puluh tahun, atau bahkan sudah bisa kita raih dalam waktu yang lebih singkat. Perlu beberapa tips untuk menentukan cita-cita yang baik dan sesuai dengan diri kita. Tips tersebut hanya diri kita sendiri yang bisa melakukannya. Adapun beberapa tips yang bisa kita lakukan yaitu

Apa Yang Suka Anda Lakukan di Masa Kecil?

Menentukan cita-cita bisa berawal dari sebuah pertanyaan sederhana, “Apa yang kita suka dan sering lakukan di masa kecil?”. Dari hal sederhana itulah kita akan menemukan sesuatu yang istimewa di dalam diri kita. Sesuatu yang bisa dijadikan cita-cita. Misalkan saat kecil kita sering bermain masak-masakan. Saat itu kita sering tampil sebagai “chef” utama yang mengatur apa yang akan “dimasak”. Boleh jadi itu merupakan cikal bakal munculnya cita-cita kita.

Kenali Kompetensi Diri

Cita-cita bisa diraih ketika ada kecocokan antara kompetensi dengan peran atau jalan yang diambil. Sekarang coba pikirkan apa yang menjadi kompetensi diri kita dan peran seperti apa yang cocok dengan kompetensi tersebut. Ingat, kompetensi merupakan perpaduan antara minat dengan bakat. Kompetensi bisa muncul karena kita sering melatihnya secara rutin dan konsisten.

Siapa Idola Anda?

Dengan mengenali sosok yang menjadi role model, setidaknya kita akan mendapatkan inspirasi kehidupan seperti apa yang ingin diraih di masa depan. Cerita manis dan pahit yang dialami oleh idola kita,bisa dijadikan bahan untuk pertimbangan kita dalam menjalankan kehidupan dimasa depan, kira-kira cocok atau tidak dengan diri kita. Dari sanalah kemudian kita mulai bisa melihat sesuatu yang layak diperjuangkan sebagai cita-cita. Sesuatu yang akan bisa memberikan manfaat di masa depan baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar kita.

Ketahui Minat Terbesar Anda

Minat adalah sesuatu yang bisa kita asah. Minat bisa muncul menjadi sebuah keunggulan ketika kita mau bersabar dan tekun untuk berlatih. Namun, kita harus bisa mengetahui dengan pasti apa minat terbesar (passion) yang kita miliki. Pilihlah minat yang benar-benar ingin ditekuni. Kemudian berlatihlah dan mengasah minat tersebut dengan benar. Dengan demikian, kita sudah berada dirute yang benar untuk menentukan cita-cita yang baik di masa depan.

Tentukan Target Dari Minat Anda

Setelah mengetahui apa yang menjadi minat dan passion kita, saatnya berpikir untuk bisa sukses dalam bidang tersebut. Artinya kita harus menentukan akan menjadi apa dalam bidang yang kita minati tersebut. Pasang target secara maksimal agar cita-citapun ikut terpasang tinggi di langit. Target ini secara tidak langsung akan membimbing kita untuk mempertahankan minat yang sudah dipilih termasuk mengarahkan untuk tidak melenceng dari jalur yang memang harus ditempuh untuk mencapai tujuan

Perluas Wawasan

Wawasan merupakan hal penting untuk menemukan cita-cita. Wawasan akan membuka mata dan pikiran kita tentang banyak hal di dunia ini yang menarik dan bisa dijadikan bagian dari hidup kita. Kesulitan kita dalam menentukan cita-cita mungkin karena kurangnya pengetahuan tentang berbagai bidang yang ada. Semakin luas wawasan kita maka akan semakin mudah bagi kita menentukan cita-cita. Saat kita mulai merasa tertarik dengan suatu bidang, segera tekuni bidang tersebut dan akhirnya kita akan mulai mengetahui apa yang bisa kita jadikan cita-cita

Pertimbangkan Apa Yang Bisa Anda Sumbangkan Untuk Masyarkat

Satu hal yang tidak boleh dilupakan saat kita menentukan cita-cita yaitu manfaatnya untuk orang lain. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk sesamanya. Bermanfaat untuk orang lain disini maksudnya yaitu kita bisa membantu dalam hal apapun seperti materi, pikiran, ataupun tenaga. Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa kita pilih sebagai perwujudan cita-cita kita dalam menyumbangkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas, kita hanya perlu menentukan mana yang sesuai dengan passion kita
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menentukan cita-cita yang sesuai dan baik untuk diri kita. Jadi, apa cita-citamu?. Semoga kamu bercita-cita sebanyak pasir dipantai, setinggi langit di angkasa dan sedalam samudera. Agar kamu terus mengembangkan dirimu lalu menjadi manusia yang paling berguna bagi dunia.

Sumber:
1. https://www.cermati.com/artikel/15-kata-kata-bijak-presiden-indonesia
2. http://www.malesnulis.com/ungkapan-kata-motivasi-kejarlah-cita-citamu-setinggi-langit/
3. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-jakarta3/baca-artikel/12582/Mengambil-hikmah-dari-buku7-Habbits-of-Highly-Effective-People-karya-Stephen-R-Covey.html
4. https://www.tipspengembangandiri.com/cara-menentukan-cita-cita/

Penulis

admin ASBC

Writer & Blogger

Berita Terbaru
  • All Posts
  • Aktivitas Sekolah
  • Artikel
  • Artikel Guru
  • Artikel Program Unit Sekolah
  • Artikel Terbaru
  • Berita Terbaru
  • daun hijau
  • Greenfun
  • PPDB
  • Sekolah Dasar
  • Siswa Berprestasi
  • tips
  • TK
    •   Back
    • Aktivitas TK
    • Aktivitas SD
    • Aktivitas SMP
    •   Back
    • Artikel Program Unit SD
    • Artikel Program Unit SMP
    • Artikel Program Unit TA-TK
    •   Back
    • Siswa SMP Berprestasi
    • Siswa SD Berprestasi
    • Siswa TA-TK Berprestasi

© 2024 Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Hak Cipta Dilindungi. Semua hak dilindungi undang-undang. Tidak diperbolehkan menggandakan atau mendistribusikan tanpa izin tertulis dari Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.

Daftar
Sekarang

Jadwal
Kunjungan