Daftar Isi

  • Sambutan Pelaksana Harian
  • Kata Pengantar
  • Visi dan Misi
  • Kalender Pendidikan
  • Mars AI-Azhar Syifa Budi
  • Tata Tertib Sekolah
  • Jadwal Kegiatan
  • Daftar Guru
  • Note

KATA PENGANTAR KETUA YAYASAN
PENDIDIKAN ISLAM MUTIARA BANGSA CIBUBUR

Assalamualaikum wr.wb.

Puji dan syukur kepada Allah SWT atas segala kasih sayang dan segala nikmat yang diberi­kanNya . shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kita para pengikutnya yang lnsya Allah tetap istiqomah pada ajarannya hingga akhir zaman. 

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah Bapak/lbu berikan kepada kami dalam mengemban amanah mendidik putra-putri bapak/ibu di TA-TK AL-AZHAR SYIFA BUDI Cl BU BUR, semoga dimasa mendatang kita dapat menjadikan TA-TK AL-AZHAR SYIFA BUDI Cl BU BUR sebagai sekolah terbaik dengan capaian prestasi pada ska la nasional maupun internasional. 

Sebagai salah satu bentuk pelayanan kami kepada Bapak/ibu orang tua murid, kami telah membuat buku panduan orang tua untuk tahun pelajaran 2022 -2023 yang berisi tentang informasi kegiatan sekolah selama satu tahun pelajaran, kompetensi yang akan dicapai, serta informasi lainnya. 

Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi Bapak/lbu orang tua mu rid dalam menyuk­seskan kegiatan yang telah kami programkan. 

Semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan kemudahan dalam melaksanakan rencana kegiatan ini. Aaamiiiin 

Wassalamualaikum Wr. Wb 

TA -TK AI-Azhar Syifa Budi Cibubur




lr.Andri Herliani
Ketua Yayasan
“Bismillahirahmanirrahim” Assalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi yang telah melimpahkan nikmat dan rahmat-Nya kepada kita sekalian. Semoga kita menjadi ham­ba-Nya yang selalu bersyukur dan bertafakur. Solawat dan salam bagi Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan semua umatnya

Dalam upaya mencapai keberhasilan pembelajaran dan pembinaan akhlak siswa, sesuai dengan visi, misi, dan tujuan AI-Azhar Syifa Budi Cibubur, melalui empat pilar Mumtaz School, yakni akidah, kebangsaan, sains, dan teknologi, kami berharap tumbuh ikatan kekeluargaan yang erat, akrab, dan bersinergi antara sekolah dengan orang tua.

Untuk mencapai hal dimaksud, sekolah berkepentingan menyampaikan informasi yang diperlukan kepada para orang tua, terutama beberapa hal yang berhubungan dengan Ke­giatan Belajar Mengajar. Melalui buku kecil ini, kami berharap para orang tua siswa dapat memperoleh gambaran umum tentang program pembelajaran di TA-TK AI-Azhar Syifa Budi Cibubur.

Akhirnya, kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kerjasama para orang tua TA-TK AI-Azhar Syifa Budi Cibubur. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan, petunjuk, dan rida-Nya kepada kita semua, Amin.

Wabillahit taufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum wb.wb.


TA ·TK AI-Azhar Syifa Budi Cibubur




Amirudin, M.Ag.
Pelaksana Harian
“Bismillahirahmanirrahim”
Assalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Solawat dan salam semoga tercurah kepada Rasullullah SAW beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya.

Buku panduan ini merupakan pedoman pembelajaran di TA-TK AI-Azhar Syifa Budi Cibubur. Melalui buku ini diharapkan dapat terjalin kerjasama antara sekolah dan orang tua sehingga program yang telah direncanakan dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga Allah selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita dalam usaha mempersiapkan putra-putri kita menuju masa depan. Amin.

Billahit Taufiq Walhidayah
Wassalamu’alaikum wr.wb.

TA-TK Al-Azhar Syifa Budi Cibubur




Eliza Ariesta, 5. Kom, M. Pd
Kepala TA-TK

PROGRAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
TODDLER, TA, TK AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBUBUR

PENDAHULUAN

Taman Kanak-Kanak adalah suatu bentuk lembaga pendidikan pra sekolah yang menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia 4 tahun sampai dengan memasuki pendidikan dasar. Program pen­didikan TK membantu tumbuh kembang anak secara utuh yaitu baik jasmani maupun rohani dengan prinsip “bermain sambil bela­jar”.
Pendidikan pra sekolah bertujuan untuk membantu meletakan dasar pendidikan ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keter­ampilan, dan daya cipta yang diperlukan anak didik dalam menye­suaikan diri dengan lingkungan, pertumbuhan, serta perkemban­gan selanjutnya.

VISI DAN MISI PENDIDIKAN AL-AZHAR SYIFA BUDI

A. VISI

Menjadikan ASB sebagai jejaring Sekolah Islam terdepan yang memiliki reputasi dan konektivitas internasional dan menghasilkan sistem pendidikan dengan kualitas terbaik.

B. MISI

Menciptakan lingkungan belajar lslami yang menginspirasi untuk menumbuhkembangkan generasi baru Muslim yang kokok imann­ya, mulia akhlaqnya, empati dan respek terhadap sesama, peduli pada lingkungan, cakap dan terampil dalam menjalani hidup dan memakmurkan bumi Allah dengan kebaikan dan kebermanfaatan di bawah suluh AI-Qur’an sebagai pedoman utama kehidupan.

KONSEP PENDIDIKAN

AI-Azhar Syifa Budi adalah sekolah yang berbasiskan Qur’anic Char­acter, Life Skills and Knowledge dengan pembekalan khusus berupa ketrampilan hidup aplikatif di beberapa bidang yang menjadi tum­puan masa depan dunia.

TUJUAN

  1. Membentuk kepribadian cendekiawan muslim yang beriman, ber­takwa, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan, budaya, serta sains teistik.
  2. Membangun budaya belajar dan kerja mandiri yang kreatif untuk menciptakan masyarakat madani dalam bingkai rida llahi.
  3. Menanamkan semangat juang serta budaya kompetisi yang demokratis dan bertanggung jawab menuju terciptanya khaira ummah (umat terbaik)

Cipt: A.T Mahmud

Mars AI-Azhar Syifa Budi

Dibawah Kibaran Panji
Al Azhar Syifa Budi
Kami Satukan Niat Kami Satukan Tekad
Berlandaskan Al Qur’an dan As-Sunnah


Tumbuh Kembangkan Pribadi
Yang Berakhlak Mulia
Cakap Serta Terampil Dengan Percaya Diri
Guna Berbakti Pada Nusa dan Bangsa.

Dengan Rahmat-Mu Ya llahi
Ridhoi Cita-cita Kami
Bersama Al Azhar Syifa Budi
Siap Untuk Mengabdi

PENGERTIAN KELOMPOK BERMAIN (Taman Azhar)

Kelompok bermain (Taman Azhar) adalah wadah pembinaan anak dengan mengutamakan kegiatan bermain yang terarah dan edukatif. Taman Azhar juga wadah sosialisasi bagi anak, yaitu tempat menana­mkan nilai, norma, dan kaidah sosial bagi anak yang memungkinkan mereka mengenal, memahami, dan menyadari, serta mentaati kaidah normatif sebagai seorang anak, sesuai dengan ta hap perkembangan­nya.
Disamping itu, Taman Azhar juga merupakan wadah pendidikan pra sekolah, yaitu tempat meletakan dasar-dasar pengetahuan, sikap, ke­mampuan, dan daya cipta sebagai landasan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

TUJUAN

Tujuan kelompok bermain (Taman Azhar) adalah mengembang­kan potensi anak secara utuh dan terpadu, sesuai tingkat kepekaan anak dalam rangka meningkatKan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik sehingga mereka dapat memperoleh kemampuan untuk melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya.

MATERI KEGIATAN

Materi kegiatan kelompok bermain mencakup:

  1. Pembentukan Perilaku
    a. Pembentukan karakter
    • Menghormati orang dewasa
    • Mematuhi peraturan
    • Belajar untuk menggunak etika/adat yang baik
    • Belajar untuk mengendalikan emosi
    • Belajar untuk bersabar
    • Belajar untuk bekerja sendiri dan tidak tergantung pada orang lain
    • Belajar untuk konsentrasi pada tugasnya
    • Belajar untuk bertahan dan menyelesaikan tugasnya
    • Mengerti bahwa orang lain mempunyai hak-hak juga perasaan
    • Belajar bertanggung jawab terhadap barang-barang milik sendiri
    • Menghormati barang-barang milik orang lain
    • Mengerti bahwa jujur ( mengatakan yang sebenarnya ) adalah penting.

    b.  Kemampuan / ketrampilan Sosial
    • Mau berpisah dengan orang tua dan pergi sekolah dengan riang
    • Mau mengeksplorasi lingkungan dan mencoba hal-hal baru dengan percaya diri
    • Bermain sendiri dengan tenang selama beberapa saat
    • Bermain dengan teman-teman
    • Secara umum dapat rukun dengan teman sebaya
    • Belajar bekerjasama
    • Belajar untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok
    • Belajar berbagi dengan orang lain
    • Belajar bergiliran
    • Belajar untuk duduk tenang dan memperhatikan guru

c. Kemandirian
• Belajar ke toilet tan pa bantuan
• Mencuci tangan dan muka sendiri
• Mampu memakai dan melepas baju tan pa bantuan
• Mampu menggunakan sendok dan garpu dengan tepat
• Menjaga barang-barang kepunyaan sendiri
• Dapat membawa makanan di pi ring dan minuman di cangkir
• Menuangkan air dari teko
• Mengaduk didalam mangkok tanpa tertumpah
• Mengoles roti dengan mentega/selai
• Mengerti bagaimana menggunakan tissue dan sapu tangan
• Mengerti aturan-aturan untuk keselamatan diri ( misal: lihat kekiri dan kekanan sebelum menyeberang jalan)
• Mau meminta bantuan orang lain bila memang memerlu kannya
• Dapat menyalakanlampu dengan memencet saklar atau menarik/ memasang kepala kabel pada tempatnya

2.  Pengembangan Aspek:

a. Pengembangan fisik
• Anak mampu menggerakkan anggota tubuhnya dalam rangkalatihan kelenturan otot tangan, otot punggung dan otot kaki
• Anak dapat menggerakan jari tangan untuk kelenturan otot jari
• Anak dapat menggerakkan lengannya
• Anak dapat menunjukkan keseimbangan badan

b. Pengembangan kognitif
• Anak mampu mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
• Anak dapat mengenal benda-benda di sekitarnya
• Anak dapat memahami konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari
• Anak dapat berkonsentrasi

c.  Pengembangan Bahasa
• Anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan kalimat sederhana
• Anak dapat mengerti isyarat orang lain
• Anak dapat mengerti perkataan orang lain
• Anak dapat mengungkapkan keinginan melalui ucapan sederhana
• Anak memperoleh penguasaan kosa kata

d. Pengembangan sosial emosional
• Anak mampu berinteraksi di lingkungannya dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar.
• Anak terbiasa menolong
• Anak mudah bergaul
• Anak mengerti miliknya sendiri
• Anak mengetahui identitas diri
• Anak dapat mengekpresikan emosi dirinya
• Anak dapat menunjukan kesukaannya
e.  Pengembangan Seni Anak mampu menggerakkan tubuhnya sesuai irama music
• Dapat bergerak mengikuti irama musik
• Dapat menyanyikan lagu sederhana

f.  Pengembangan moral dan nilai-nilai agama anak mampu meniru tingkah laku orang dewasa dalam beribadah
•Dapat meniru gerakan do’a/shalat sedang sederhana
•Menyayangi dan memelihara semua ciptaan tuhan

3. Pengenalan Keagamaan Ada pun pengenalan keagamaan di Ta man Azhar adalah sebagai berikut: Aqidah/ Keimanan: Pengenalan adanya Allah melalui ciptaan dan sifatnya.
• lbadah Pengenalan berbagai kegiatan ibadah ( shalat, hafalan do’a harian dan puasa)
• Al Qur’an: Hafalan surat pendek
• Akhlaq: Pengenalan berbagai perbuatan/perilaku baik

4. Multilingual Program ini bersifat pengenalan dan pembiasan dalam pengucapan bahasa lnggris dan bahasa Arab melalui perbendaharaan kata-kata sederhana sesuai tema yang biasa dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

PENDEKATAN PELAKSANAAN KEGIATAN

Pendekatan pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan pengembangan kelom­pok bermain adalah:
• Bermain
• Bermain peran ( dramatisasi)
• Bercerita
• Bernyanyi
• Darmawisata
• Demonstrasi
• Bercakap-cakap
• Tugas dan kerja kelompok
• Latihan dan pembiasaan

EVALUASI

Evaluasi dilakukan untuk mengukur keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar dengan cara:
• Pengamatan / observasi
• Catatan anekdot
• Latihan dengan melihat hasil karya
• lnformasi perkembangan dari orangtua

Hasil evaluasi dibuat dan dilaporkan dalam buku laporan pendidikan anak

• Hormat
• Jujur
• Mutu
• Bersih
• Kasih Sayang
• Sabar
• Syukur
• lkhlas
• Disiplin

• Tanggung Jawab
• Khusyu
• Rajin
• Berfikir Positif
• Ramah
• Rendah Hati
• Qonaah
• Taqwa
• lstiqomah

  1. Focus & Self Control ( Fokus & Kontro/ Diri)
  2. Perspective Taking ( Memahami Perasaan & Cara Berpikir Orang Lain)
  3. Communicating ( Keterampi/an Berkomunikasi)
  4. Making Connections ( Kemampuan Membuat Hubungan)
  5. Critical Thinking ( Berpikir Kritis)
  6. Taking On Challenges ( Berani Mengambil Tantangan)
  7. Self Directed,Engaget Learning ( Mampu Memimpin Dan Mengarahkan Diri & Selalu lngin Belajar)

PENDEKATAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN TK AL-AZHAR SYIFA BUDI ClBUBUR

A.PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Pendekatan pembelajaran memperhatikan prinsip – prinsip sebagai berikut:
  1. Berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak
  2. Belajar sambil bermain
  3. Kreatif dan inovatif
  4. Tematik
  5. Mengembangkan ketrampilan hidup
  6. Menggunakan pembelajaran terpadu ( Metode bervariasi )
  7. Skolastik
  8. Penerapan Multilingual

    B. EVALUASI PEMBELAJARAN

    • Pengamatan/ Observasi
    • Portofolio
    • Performance / Unjuk kerja

    PROGRAM KEGIATAN BELAJAR
    TK AI-Azhar Syifa Budi mengintregrasikan antara pengem­bangan kemampuan akademis, pengembangan perilaku, dan agama (spiritualisasi). Kemampuan akademis tersebut berdasarkan standar kurikulum nasional, yang dibagi dalam 4 bidang pengembangan kemampuan dasar dengan sistem Sentra.
KELOMPOK A/ B
Sistem belajar dikelompokkan A/8 yang melalui sistem sentra. Sentra yang ada terdiri dari:

1. Sentra Aqidah
Meliputi : Materi pembiasaan ( good habit ). Konsep benar salah, baik buruk, halal dan haram dalam Islam, Mengenal para Nabi, Mengenal keluarga dan sahabat Nabi Muhamad, Belajar membaca Al Qur’an, Pembiasaan adab Islam, Pembiasaan membaca do’a, Mengenal surat pendek, dan mengucapkan kalimat thoyyibah, Mengenal prak­tek-praktek ibadah.

2. Sentra Kebangsaan
Meliputi : Kegiatan praktek fisik/ jasmani, art and Craft ( kreativitas ). pengenalan nilai-nilai kebangsaan dan pengembangan bahasa.

3. Sentra Sains
Meliputi : Materi pengembangan kognitif, percobaan sains sederhana dan menarik kesimpulan dari berbagai percobaan.

4. Sentra Teknologi
Meliputi: Pengamatan alat-alat teknologi dan sejarahnya, pengenalan dan penggunaan komputer.

5. Kelas Bahasa lnggris
Meliputi pengenalan kosakata, kalimat dan perintah sederhana

BIDANG PENGEMBANCAN ANAK
1. Bidang pengembangan pembentukan perilaku (sosial emosional). meliputi:
• Berinteraksi dengan orang lain (mencakup : sopan santun, berker­jasama, sikap empati)
• Menunjukan kedisiplinan, kebersihan dan kerapian.
• Menunjukan reaksi emosi yang wajar
• Kemandirian
• Mengenal tanggung jawab.
2. Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar (akademik), meliputi:
a. Pengembangan nilai-nilai Agama
• Pembiasaan adab Islami
• Mengenal do’a harian, surat pendek dan mengucapkan kalimat thoyyibah
• Mengenal konsep benar salah ,baik buruk, halal dan haram dalam islam
• Menyayangi dan memelihara semua ciptaan Allah
• Mengenal praktik-praktik ibadah
• Mengenal para Nabi
• Mengenal Keluarga dan sahabat Nabi Muhammad
• Belajar membaca Al Qur’an

b. Pengembangan Fisik
• Motorik kasar: koordinasi dan keseimbangan tubuh untuk melakukan berbagai gerak
• Motorik halus: kelenturan otot untuk melatih ketrampilan tangan.

c. Pengembangan Kognitif
• Mengenali benda sekitarnya menu rut bentuk,jenis dan ukuran
• Memahami konsep sains sederhana
• Mengenal bentuk-bentuk geometri
• Mengenal konsep waktu

d. Pengembangan Bahasa
• Berkomunikasi secara lisan
• Memperkaya kosa kata
• Mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana (pra-menulis)
• Membaca gambar (pra-membaca)
• Memenuhi rasa ingin tahu
• Memahami bahasa isyarat
e. Pengembangan Seni
• Menggambar sederhana
• Mewarnai gambar
• Mencipta sesuatu dengan berbagai media
• Bergerak sesuai irama musik
• Menyanyikan lagu anak-anak
• Bergerak mengikuti benda-benda di lingkungan ( tanaman,binatang )
• Melakukan senam

Dalam kegiatan harian, program pembelajaran diberikan secara bertahap sesuai dengan kelompoknya dan dievaluasi secara berkelanjutan. Untuk mencapai perkembangan yang maksimal perlu adanya kerjasama yang baik antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Sebuah hadis menga­takan :Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah ( suci ) maka tergan­tung orang tuanyalah, apakah anak tersebut akan menjadi yahudi,nasrani, atau majusi (HR. Bukhari dan Muslim ) .

Sistem belajar dikelompokjuga B menggunakan sistem sentra. Siswa be­lajar dalam satu kelas dengan 2 orang guru, dengan tetap menerapkan program Mumtaz School yaitu, akidah, kebangsaan, sains, dan teknologi yang terintegrasi dengan spiritualisasi pendidikan dan diaplikasikan dalam Kurikulum Nasional.

Dalam upaya mengembangkan ketrampilan hidup (life skills), siswa kelompok B mulai dikenalkan dengan Kepramukaan. AI-Azhar Syifa Budi memprogramkan pramuka sebagai induk dari kegiatan ekstrakurikuler. Program ini bertujuan untuk mensukseskan program pembelajaran, juga untuk melatih kemandirian dan mengembangkan keterampilan hidup sendini mungkin. Program ini diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan ber­main dan belajar di luar kelas dengan mengintegrasikan pengembangan aspek-aspek perkembangan anak seperti nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial emosi dan seni.

TODDLER, TA, TK AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBUBUR BIDANG PENGEMBANGAN AGAMA TAHUN PELAJARAN 2022 - 2023

l. Jam belajar dimulai dari hari Sen in s/d Jum’at.
a. Toddler : Pukul 08.00 s.d 10.00 WIB.
b. Ta man Azhar: Pukul 08.00 s.d 10.00 WIB.
c. TK Adan TK B : Pukul 08.00 s.d 11.00 WIB.
Setelah kegiatan belajar selesai, ha rap siswa dijemput tepat waktu.

2. Pakaian seragam TODDLER
Senin s/d Ju mat: Baju bebas rapi + sepatu hitam + kaos kaki putih

3. Pakaian seragam TAMAN AZHAR
Senin s/d Kamis : Baju bebas rapi + sepatu hitam + kaos kaki putih
Jum’at : Pakaian batik Al -Azhar Syifa Budi Cibubur+ Sepatu hitam

4. Pakaian seragam TK Adan TK B
• Senin : Hem Putih + Celana/ Rok Hijau + Dasi Merah-Putih + Sepatu hitam
• Selasa : Hem Putih + Celana/ Rok Hijau + Dasi Merah-Putih + Sepatu hitam
• Rabu: Pakain Olah Raga+ Sepatu Olah Raga
• Kamis : Hem Putih + Celana/ Rok Hijau + Dasi Merah-Putih + Sepatu hitam
• Jum’at : Pakaian batik Al -Azhar Syifa Budi Ci bu bur+ Sepatu hitam

5. Pada saat mengantar siswa, pengantar tidak diperkenankan masuk keke­las, cukup mengantar sampai di gerbang sekolah. Dan pada saat pulang penjemput tidak diperkenankan masuk ke kelas, cukup menunggu di ger­bang sekolah, siswa akan diantar ibu guru sampai pintu gerbang. Bagi yang ingin menunggu siswa selama jam belajar telah disediakan tempat menunggu.

6. Bagi siswa yang terlambat datang harus melapor kepada guru piket. Siswa yang tidak hadir dapat memberi kabar melalui tele­pon 82496152 – 53. Jika lebih dari 2 hari harus membawa surat dari orangtua/wali siswa dan apa bila sakit harus membawa surat keterangan Dokter. Siswa yang tidak hadir lebih dari 7 bu Ian akan diberi surat panggilan orangtua berupa teguran / peringatan dan lebih 2 bu Ian siswa tersebut dianggap mengundurkan diri.

7. Siswa membawa bekal dari rumah, tidak diperkenankan mem­bawa uang jajan, bagi yang mengirim makanan dan minuman serta obat-obatan untuk anak, harap memberitahukan kepada petugas keamanan, dan tidak diperkenankan langsung mengan­tar ke kelas

8. Semua a lat keperluan siswa agar diberi tanda atau nama seh­ingga memudahkan kami apabila tertinggal di sekolah dan dapat diambil kembali.

9. Bagi orangtua/wali siswa yang akan bertemu Kepala Sekolah/ Guru hendaknya membuat perjanjian terlebih dahulu atau dilaku­kan setelah selesai Kegiatan Belajar Mengajar. Apabila orangtu­a/wali siswa ingin mengajukan saran/usul akan kami hargai dan dapat disampaikan baik secara tertulis maupun lisan.

10. Uang sekolah harus dibayar selambat-lambatnya tanggal 70 setiap bulannya, membayar uang kegiatan sesuai ketentuan melalui Bagian Penerimaan Uang Sekolah ( Kasir) pada bulan-bu­lan tertentu menjelang libur berlaku ketentuan untuk membayar uang sekolah 2 bu Ian sekaligus.

11. Untuk menjaga kultur Sekolah Islam AI-Azhar Syifa Budi Cibubur – Cileungsi Bapak/lbu orangtua, pengasuh, pengantar penjemput agar:
• Memakai pakaian rapi, sopan, menutup aurat, tidak tipis dan ketat serta tidak memakai perhiasan yang berlebihan, sandal jepit atau celana pendek bagi pria dan rok mini bagi wanita.
• lkut menjaga ketertiban sekolah dengan tidak merokok, tidak membuang sampah sembarang dan tidak berkumpul untuk membicarakan hal-hal negatif.
• Mengucapkan salam kepada sesama teman, orangtua, guru dan karyawan atau sesama orang

12. Bersedia mendukung kegiatan pendidikan dengan tetap men­jaga kewenangan sekolah tanpa mencampuri masalah teknis pendidikan. Menjalankan segala ketentuan serta aturan yang diberlakukan oleh sekolah.

13. Bersedia menghadiri undangan sekolah dengan tidak diwakil­kan demi kepentingan pendidikan

14. Tasyakuran ulang tahun dapat dilakukan di Sekolah dengan acara yang telah diatur.

15. Kepada orangtua/wali siswa yang putra/putrinya berminat ikut antar Jemput sekolah dikoordinir oleh bagian keuangan sekolah ( kasir)

16. Sebagai sarana komunikasi antara sekolah dan orangtua siswa disediakan buku penghubung oleh sekolah.Tidak diperkenankan langsung mengantar ke kelas

WAKTU PEMBELAJARAN TODDLER DAN TAMAN AZHAR (PLAY GROUP) TAHUN PELAJARAN 2022- 2023

WAKTU PEMBELAJARAN TK A DAN TK B TAHUN PELAJARAN 2022- 2023

Note: Kepulangan TK B, 10 Menit Setelah TK A

WAKTU PEMBELAJARAN TK A DAN TK B TAHUN PELAJARAN 2022- 2023

Note: Tidak diperkenankan menghubungi diluar jam kerja.

Sampah seringkjali menjadi masalah utama baik di lingkungan mas­yarakat maupun lingkungan sekolha, karena sampah sangat merusak keindahan dan merupakan sumber penyakit. Belakangan ini sampah menjadi masalah yang cukup serius, terutama terjadi di kota-kota besar. Dibeberapa kota samapah merupakan penyebab banjir. Tanpa kita sadari, hal ini menyebabkan bumi kita menjadi rusak

Sekolah berperan penting dalam memberikan informasi kepda peser­ta didik mengenai pentingnya mengendalikan laju pertambahan sampah. kerjasama antar guru, karyawan, dan peserta dididk serta dukungan orang tua peserta didik sangat penting untuk menumbuh­kan kepedulian terhadap lingkungan dengan meminimalisirkan sampah melalui program zero waste.

Sekolah AI-Azhar Syifa Budi Cibubur dalam rangka program zero waste menghimbau peserta didik untuk tidak membawa aie minum kema­san. Tidak hanya itu, sekolah juga mengajak pserta didik memjadi lebih hemat dengan tidak membeli makanan menggunakan kemasan plas­tic. Program zero waste di sekolah berusaha menekan jumlah sampah anorganik yang terus menerus tertimbun. Program zero waste di seko­lah akan dilaksanakan secar regular dan berkesinambungan untuk membiasakan peserta dididk menjaga kebersihan dan membangun gaya hidup positif yang meminimalkan penggunaan bahan yang dice­mari lingkungan dan menolak pemakaian bahan sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. Tuan kahirny adalah mengurangi volume sampah.

Zero waste di Al AZhar Syifa Budi Ci bu bur berisi prinsip yang dijadikan gaya hidup untuk memperpanjang siklus hid up sumber daya sehing­ga menjadi produk yang dapat dipakai kembali, selain itu zero waste di sekolah jug a menjauhi single use plastic atau plastic yang hanya sekali pakai.
Menyadari pentingnya program Zero wise kita membutuhkan solusi agar dapat menyelamatkan bumi dari kerusakan saat inilah waktu untuk melakukan gerakan sirwise demi menyelamatkan bumi dan generasi selanjutnya nanti sekolah al-azhar sewa Budi mengajak kita untuk mendesain dan mengelola produk-produk secara sistematis demi menghindari dan mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah juga material-material ha bis pakai program Zero wise mengh­indari pemakaian yang hanya digunakan sekali dan material-material yang sulit bahkan tidak bisa didaur ulang untuk menghubungi sampah kita bisa memulainya dari diri kita sendiri keluarga dan lingkungan kita dimulai dengan menerapkan prinsip-prinsip zeross live skill melalui gerakan SR yaitu

1. Refuse (Menolak) Kita bisa menolak pemakaian yang tidak perlu contohnya kantong plastik sekali pakai saat berbelanja yang dapat digantikan dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah

2. Reduce (Mengurangi) Kita dapat menghindari pemakaian dan pembelian produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar selain itu kita bisa meng­gunakan produk yang dapat diisi ulang.

3. Reuse (Menggunakan kembali) Dengan menggunakan kembali alat contoh atau wadah dengan fungsi yang sama secara berulang-ulang dibanding hanya menggu­nakan sekali pakai.

4. Recycle (Mendaur ulang) Prociuk atau kemasan seringkali dihadirkan untuk sekali pakai namun jika kita meluangkan sedikit waktu untuk berkreasi semua produk dapat didaur ulang untuk dijadikan benda yang bermanfaat contohn­ya kemasan sabun batang yang bisa dijadikan payung hiasan.

5. Rot (Membusukkan) Kita dapat membusukkan sampah organik menjadi pupuk kompos contohnya dengan membuat lubang biopori hal ini tentu saja dapat mengurangi beban TPA secara signifikan dan tentu membuat tanah menjadi suburTidak mudah tentunya mengubah kebiasaan kita yang sering meng­gunakan barang sekali pakai menuju Zero wash life skill namun secara perlahan kita bisa melakukan hal itu jika disertai dengan keinginan untuk mengubah kebiasaan tersebut Zero ways merupakan sebuah proses yang tidak akan datang dengan insan jadi ayo kita bersama-sama menjalani proses ini untuk menye­lamatkan bumi kita

Join Our Newsletter

Dapatkan informasi lebih lanjut

AL-AZHAR SYIFA BUDI CIBUBUR

Jl. Raya Alternatif Cibubur, Cileungsi KM. 6.00 Nagrak, Gunung Putri Bogor, Nagrak, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16967

Telp:

+62 857-8174-9606 & +6221 82496152

Email:

admin@alazharsyifabudi-cibubur.sch.id

Our Social Network

Dapatkan Informasi kegiatan akademis dan non-akademis Al-Azhar Syifa Budi Cibubur

© 2024 Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Hak Cipta Dilindungi. Semua hak dilindungi undang-undang. Tidak diperbolehkan menggandakan atau mendistribusikan tanpa izin tertulis dari Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.