Jurnal Pagi TK Al-Azhar Syifa Budi Cibubur
Jurnal Pagi adalah kegiatan pembuka dalam pembelajaran dengan Metode Sentra. Kegiatan itu dilakukan setelah anak tiba di sekolah dan menyimpan perlengkapan/perbekalan dari rumah ke tempat yang sudah ditentukan.
Jurnal Pagi adalah proses transisi bagi anak dari atmosfer rumah ke atmosfer sekolah. Jurnal Pagi adalah proses pengkondisian anak untuk memasuki rangkaian kegiatan-kegiatan Sentra. Lebih dari sekadar aktivitas keaksaraan, Jurnal Pagi juga adalah proses pembangunan kemampuan kebahasaan, baik yang bersifat expressive (ungkapan) maupun receptive (penerimaan dan pemahaman).
Sesuai dengan fungsinya sebagai (salah satu) instrumen transisi dari atmosfer rumah ke atmosfer sekolah, coretan-coretan anak adalah murni berasal dari pikiran mereka. Coretan-coretan itu bukan hasil menulis atau menggambar dengan tema yang dibuat guru, atas instruksi guru.
Dari coretan-coretan anak pada kegiatan Jurnal Pagi, guru bisa mendapatkan informasi yang berlimpah dan berharga tentang anak, termasuk problem yang dihadapi di rumah. Misalnya, guru bisa mendeteksi bila anak terpapar secara berlebihan dengan siaran televisi atau permainan gadget. Guru juga bisa memantau beberapa aspek dalam tahap perkembangan anak, seperti otot motorik kasar pada tangan, koordinasi otot motorik kasar-halus, kemampuan klasifikasi, kemampuan untuk fokus, dan tentu saja kemampuan keaksaraan.
Daftar segera dan jadilah bagian dari keluarga besar kami di Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Bersama-sama, kita akan mencetak generasi masa depan yang cerdas, kreatif, dan penuh dengan nilai-nilai luhur. 🌟📚🌈
Dengan penuh kebanggaan, Sekolah Al-Azhar Syifa Budi Cibubur mengucapkan selamat…