PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: Dewi Sunarti, S.Pd
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang bertujuan untuk mengakomodasi keragaman kebutuhan belajar siswa dalam satu kelas. Prinsip dasar dari metode ini adalah setiap siswa memiliki gaya belajar, minat dan kemampuan yang berbeda sehingga pendidik harus merancang dan menerapkan berbagai teknik pengajaran yang fleksibel. Dalam praktiknya, guru dapat menggunakan beragam strategi seperti pengelompokkan berdasarkan kemampuan, penggunaan berbagai media pembalajaran, serta penilaian yang bervariasi untuk memastikan setiap siswa dapat belajar secara optimal.

Manfaat yang signinfikan dari pembelajaran berdiferensiasi adalah siswa dapat merasa lebih dihargai dan termotivasi dalam proses belajar yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan hasil akademik serta perkembangan pribadi mereka. Namun demikian, salah sau tantangan utama dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi adalah kebutuhan akan waktu dan usaha ekstra dari guru untuk menyiapkan materi serta menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan unik setiap siswa.

Setiap harinya, tanpa disadari, guru dihadapkan pada keberagaman yang banyak sekali bentuknya, sehingga seringkali mereka harus melakukan banyak pekerjaan atau membuat keputusan dalam satu waktu. Misalnya, saat mengajar di kelas, seorang guru mungkin harus membantu satu muridnya yang kesulitan, namun di saat yang sama harus mengatur cara bagaimana agar saat ia membantu murid tersebut, kelasnya tetap dapat berlangsung dengan kondusif. Dalam kesehariannya, guru akan senantiasa melakukan hal ini, sehingga kemampuan untuk multitasking ini secara natural sebenarnya dimiliki oleh guru. Kemampuan ini banyak yang tidak disadari oleh para guru, karena begitu alaminya hal ini terjadi di kelas dan betapa terbiasanya guru menghadapi tantangan ini. Semua usaha tersebut tentunya dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk memastikan setiap murid di kelasnya  sukses dalam proses pembelajarannya.

Melakukan pembelajaran berdiferensiasi bukanlah berarti bahwa guru harus mengajar dengan 25 cara yang berbeda untuk mengajar 25 orang murid. Bukan pula berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk murid yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain. Pembelajaran berdiferensiasi juga bukan berarti guru harus mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan yang kurang. Bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak. Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah sebuah proses pembelajaran yang semrawut (chaotic), yang gurunya kemudian harus membuat beberapa perencanaan pembelajaran sekaligus, di mana guru harus berlari ke sana kemari untuk membantu si A, si B atau si C dalam waktu yang bersamaan. Bukan. Guru tentunya bukanlah malaikat bersayap atau Superman yang bisa ke sana kemari untuk berada di tempat yang berbeda-beda dalam satu waktu dan memecahkan semua permasalahan. Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.

Sebagai guru, kita semua tentu tahu bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Lalu jika tugas- tugas tersebut memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri seorang murid (minat), dan jika tugas itu memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai (profil belajar). Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang esensial dalam pendidikan modern untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam. Dengan prinsip-prinsip yang jelas dan strategi implementasi yang tepat, diferensiasi dapat membantu setiap siswa mencapai potensi maksimal mereka. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapannya, manfaat yang diperoleh dari pembelajaran yang adaptif dan responsif menjadikan upaya ini sangat berharga.

Artikel Terbaru

Penulis

admin asbc

Writer & Blogger

Berita Terbaru
  • All Posts
  • Aktivitas Sekolah
  • Artikel
  • Artikel Guru
  • Artikel Program Unit Sekolah
  • Artikel Terbaru
  • Berita Terbaru
  • daun hijau
  • Greenfun
  • PPDB
  • Sekolah Dasar
  • Siswa Berprestasi
  • tips
  • TK
    •   Back
    • Aktivitas TK
    • Aktivitas SD
    • Aktivitas SMP
    •   Back
    • Artikel Guru TA-TK
    • Artikel Guru SD
    • Artikel Guru SMP
    • Guru Bersertifikasi
    •   Back
    • Artikel Program Unit SD
    • Artikel Program Unit SMP
    • Artikel Program Unit TA-TK
    •   Back
    • Siswa SMP Berprestasi
    • Siswa SD Berprestasi
    • Siswa TA-TK Berprestasi

© 2024 Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Hak Cipta Dilindungi. Semua hak dilindungi undang-undang. Tidak diperbolehkan menggandakan atau mendistribusikan tanpa izin tertulis dari Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.

Daftar
Sekarang

Jadwal
Kunjungan