PENINGKATAN KUALITAS GURU ( TEACHER EMPOWERMENT ): Beti Suryati, S.Pd
Pada hakekatnya pendidikan adalah usaha membudayakan manusia atau memanusiakan
manusia dan ditujukan untuk menyiapkan manuasia menghadapi masa depan agar hidup
lebih sejahtera , baik sebagai individu maupun kolektif sebagai warga masyarakat, bangsa
maupun antarbangsa. Pendidikan amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan
diperlukan guna meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh.
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah khususnya departemen pendidikan nasiona terus menerus berupaya melakukan pembaharuan sistem pendidikan. Dalam pendidikan dipengaruhi oleh faktor majemuk yaitu faktor yang saling mempengaruhi terhadap faktor yang lainnya. Namun demikian, faktor yang paling utama adalah guru, karena hitam putihnya proses belajar mengajar di dalam kelas banyak dipengaruhi oleh mutu gurunya. Baik buruknya kualitas pendidikan ditentukan oleh standar kualitas guru. Oleh sebab itu guru perlu meningkatkan kompetensinya yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial.
Prioritas utamanya adalah peningkatan profesionalisme guru. Hal ini didasarkan pada beberapa alasan antara lain : 1. Persaingan global sekarang menungkinkan adanya mobilitas guru secara lintas negara 2. Sebagai profesional seorang guru harus mengikuti tuntutan perkembangan profesi secara global dan tuntutan masyarakat yang menghendaki pelayanan yang lebih baik. Cara satu-satunya untuk memenuhi standar profesi ini adalah dengan belajar terus menerus sepanjang hayat, dengan membuka diri yaitu mau melihat dab mendengar perkembangan baru di bidangnya. Guru memegang peranan strategis terutama dalam membentuk watak bangsa seta mengembangkan potensi siswa. Kehadiran guru tidak tergantikan oleh unsur lain, lebih lebih dalam masyarakat yang multikultural dan multidemensional, dimana peranan teknoogi untuk menggantikan tugas tugas guru yang minim. Guru memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan.
Guru yang profesional diharapkan menghasilkan lulusan yang berkwalitas.
Profesionalisme guru sebagai ujung tombak dalam implementasi kurikulum di kelas perlu
mendapatperhatian (Depdiknas, 2015). Dalam proses belajar mengajar, guru memunyai tugas
untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai
tujuan.
Kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru tentu
sangat penting untuk meningkatkan kualitas mereka. Berbagai pelatihan untuk meningkatkan
kompetensi guru sudah dilakukan termasuk pelatihan mengajar yang disesuaikan dengan
perkembangan zaman seperti peningkatan pemanfaatan teknologi. Peningkatan sarana belajar
mengajar juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kompetensi guru. Hal ini akan
meningkatkan kompetensi profesional guru yang akan berimbas positif terhadappeningkatan
kualitas siswa.
Dengan meningkatkan standar kualitas guru di Indonesia, kualitas pendidikan pun meningkat secara signifikan. Seperti kata Allan Bloom, seorang filsuf Amerika . Budayawan dan akademisi yang mengatakan “Pendidikan adalah Pergerakan dari Kegelapan Menuju Cahaya.” Ayo kita tingkatkan kualitas manusia Indonesia menjadi lebih baik melalui jalur pendidikan.
Artikel Terbaru
How Can Teachers Improve English Language Learning In Elementary School?
How Can Teachers Improve English Language Learning In Elementary School?
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: Dewi Sunarti, S.PdPembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang bertujuan