

Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Dalam Pembelajaran IPS : Sindi Tahta Juanggita, S. Pd
Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) adalah
pendekatan belajar yang menjadikan murid sebagai pusat pembelajaran. Metode ini
juga menitikberatkan proses untuk memiliki hasil akhir berupa produk atau layanan
(tergantung permasalahan apa yang diberikan). Sehingga murid diberikan kebebasan
untuk menentukan aktivitas belajarnya sendiri hingga menciptakan hasil berupa
sebuah produk.

Meningkatkan Kreativitas Siswa
Ada banyak cara yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan kreativitas siswa,
salah satunya dengan membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik dan aktif.
Dalam kegiatan pembelajaran, guru bukan hanya memberikan teori, tetapi
penugasan untuk melihat atau mengukur kemampuan siswa, salah satunya dengan
tugas proyek. Pembelajaran dengan proyek memberikan kesempatan kepada siswa
untuk terlibat aktif secara kolaboratif dalam investigasi mendalam dalam sebuah
topik dunia nyata dalam merancang, mengembangkan, dan memecahkan masalah,
menciptakan solusi untuk menjawab permasalahan yang diberikan.
Tugas proyek memuat tugas yang kompleks dengan pertanyaan dan permasalahan
yang menantang. Bukan sekadar meningkatkan kreativitas siswa, tugas proyek
juga menuntut siswa untuk mampu merancang perencanaan dengan baik,
memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan investigasi serta memberi
kesempatan pada siswa untuk lebih mandiri.
Manfaat PjBL :
Metode pembelajaran ini dapat memberikan beberapa manfaat, yakni:
1. Memberikan kesempatan untuk siswa mengintegrasikan berbagai
kompetensi bahkan untuk lintas kurikulum.
2. Untuk mendorong siswa mencapai kompetensi proses dan aplikasi.
3. Mendorong siswa untuk belajar kelompok atau berkolaborasi di luar
pengajaran di kelas.
4. Mendorong siswa untuk lebih peka terhadap permasalahan yang terjadi di
lingkungan nyata.
5. Membiasakan siswa untuk menganalisis atau meneliti sejak dini.
6. Meningkatkan berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian.
7. Metode PjBL dapat melatih sikap proaktif murid dalam memecahkan suatu masalah,
8. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis, hingga melatih sikap kolaboratif murid
dengan teman-temannya untuk menciptakan produk atau layanan dari suatu masalah.
Artikel Terbaru

SMP Al-Azhar Syifa Budi Cibubur – 23 Tahun Menginspirasi Generasi Cerdas dan Berakhlak Islami
🌟 SMP Al-Azhar Syifa Budi Cibubur – 23 Tahun Menginspirasi

TK Al-Azhar Syifabudi Cibubur Pendidikan Terbaik Anak Usia Dini
🌟 Pendidikan Terbaik untuk Anak-anak di TK Al-Azhar Syifa Budi