Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Dalam Pembelajaran IPS

Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Dalam Pembelajaran IPS : Sindi Tahta Juanggita, S. Pd
Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) adalah pendekatan belajar yang menjadikan murid sebagai pusat pembelajaran. Metode ini juga menitikberatkan proses untuk memiliki hasil akhir berupa produk atau layanan (tergantung permasalahan apa yang diberikan). Sehingga murid diberikan kebebasan untuk menentukan aktivitas belajarnya sendiri hingga menciptakan hasil berupa sebuah produk.

Meningkatkan Kreativitas Siswa
Ada banyak cara yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan kreativitas siswa, salah satunya dengan membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik dan aktif. Dalam kegiatan pembelajaran, guru bukan hanya memberikan teori, tetapi penugasan untuk melihat atau mengukur kemampuan siswa, salah satunya dengan tugas proyek. Pembelajaran dengan proyek memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif secara kolaboratif dalam investigasi mendalam dalam sebuah topik dunia nyata dalam merancang, mengembangkan, dan memecahkan masalah, menciptakan solusi untuk menjawab permasalahan yang diberikan.

Tugas proyek memuat tugas yang kompleks dengan pertanyaan dan permasalahan yang menantang. Bukan sekadar meningkatkan kreativitas siswa, tugas proyek juga menuntut siswa untuk mampu merancang perencanaan dengan baik, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan investigasi serta memberi kesempatan pada siswa untuk lebih mandiri.

Manfaat PjBL :
Metode pembelajaran ini dapat memberikan beberapa manfaat, yakni:
1. Memberikan kesempatan untuk siswa mengintegrasikan berbagai kompetensi bahkan untuk lintas kurikulum.
2. Untuk mendorong siswa mencapai kompetensi proses dan aplikasi. 3. Mendorong siswa untuk belajar kelompok atau berkolaborasi di luar pengajaran di kelas. 4. Mendorong siswa untuk lebih peka terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan nyata. 5. Membiasakan siswa untuk menganalisis atau meneliti sejak dini. 6. Meningkatkan berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian. 7. Metode PjBL dapat melatih sikap proaktif murid dalam memecahkan suatu masalah, 8. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis, hingga melatih sikap kolaboratif murid dengan teman-temannya untuk menciptakan produk atau layanan dari suatu masalah.

Artikel Terbaru

Penulis

admin asbc

Writer & Blogger

Berita Terbaru
  • All Posts
  • Aktivitas Sekolah
  • Artikel
  • Artikel Guru
  • Artikel Program Unit Sekolah
  • Artikel Terbaru
  • Berita Terbaru
  • daun hijau
  • Greenfun
  • PPDB
  • Sekolah Dasar
  • Siswa Berprestasi
  • tips
  • TK
    •   Back
    • Aktivitas TK
    • Aktivitas SD
    • Aktivitas SMP
    •   Back
    • Artikel Guru TA-TK
    • Artikel Guru SD
    • Artikel Guru SMP
    • Guru Bersertifikasi
    •   Back
    • Artikel Program Unit SD
    • Artikel Program Unit SMP
    • Artikel Program Unit TA-TK
    •   Back
    • Siswa SMP Berprestasi
    • Siswa SD Berprestasi
    • Siswa TA-TK Berprestasi

© 2024 Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Hak Cipta Dilindungi. Semua hak dilindungi undang-undang. Tidak diperbolehkan menggandakan atau mendistribusikan tanpa izin tertulis dari Al-Azhar Syifa Budi Cibubur. Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.

Daftar
Sekarang

Jadwal
Kunjungan